Categories: News

Sejarah Perkembangan Musik Nusantara

Perlu diketahui bahwa perkembangan musik Indonesia pada saat ini, memang tidak akan terlepas dari pengaruh-pengaruh budaya sebelumnya, yang pernah menguasai wilayah nusantara pada zaman dahulu. Seperti yang sudah diketahui, bahwa bangsa Indonesia pra revolusi kemerdekaan, merupakan sebuah kerajaan-kerajaan kecil yang menguasai wilayah-wilayah di Indonesia. Baik itu pada masa kerajaan Hindu-Budha, dan kerajaan Islam. Begitupun musik, dimana setiap masanya selalu ada pengaruh dari budaya kerajaan-kerajaan tersebut. Berikut sejarah perlembangan musik nusantara :

1. Masa Sebelum Masuknya Pengaruh Hindu-Budhha

Pada masa ini, musik telah dipakai sebagai bagian dari kegiatan ritual masyarakat. Dalam beberapa kelompok, bunyi-bunyian yang dihasilkan oleh anggota badan atau alat tentunya diyakini memiliki kekuatan yang magis. Sehingga, instrumen atau alat musik yang digunakan pada umumnya berasal dari alam sekitarnya.

2. Masa Setelah Masuknya Pengaruh Hindu-Buddha

Pada masa setelah masukknya pengaruh Hindu-Buddha, telah berkembangnya musik-musik istana (khususnya di Jawa). Pada saat itu, musik tak hanya dipakai sebagai bagian ritual saja. Tetapi juga, dalam kegiatan-kegiatan keistanaan (sebagai sarana hiburan para tamu raja). Musik istana yang berkembang merupakan musik gamelan, dan musik gamelan itu terdiri dari 5 kelompok yaitu kelompok blingblingan, kelompok pencon, kelompok balungan, kelompok pelengkap dan kelompok kendang.

3. Masa Kolonialisme

Masuknya bangsa Barat ke Indonesia juga, membawa pengaruh yang besar dalam perkembangan musik di Indonesia. Para pendatang ini, memperkenalkan berbagai alat musik dari negeri mereka seperti biola, selo (cello), gitar, seruling (flute), ukulele, dan sebagainya. Dan mereka pun  telah membawa sistem solmisasi dalam berbagai karya lagu, dengan itulah masa-masa tersebut telah berkembang di musik modern Indonesia. Pada saat itu, para musisi Indonesia telah menciptakan sajian musik yang merupakan perpaduan musik barat dan musik Indonesia. Sehingga, sajian musik tersebut dikenal sebagai musik keroncong.

4. Masa Setelah Masuknya Pengaruh Islam

Selain perdagangan dan menyebarkan agama islam, para pedagang Arab juga telah memperkenalkan musik mereka. Jenis alat musik yang mereka bawa yaitu berupa gambus dan rebana, dan dari proses itulah muncul orkes-orkes gambus di nusantara (Indonesia) hingga saat ini.

5. Masa Kini

Dengan seiringnya media elektronik yang masuk ke Indonesia masuklah pula berbagai jenis musik barat seperti pop, jazz, blues, rock dan R&B. Demikian pula, dengan musik-musik negeri India yang banyak dibawa melalui film-filmnya. Dengan perkembangan ini, terjadi perpaduan antara musik asing dengan musik Indonesia. Musik India, mengalami perpaduan dengan musik melayu sehingga menghasilkan jenis musik dangdut. Sehingga, muncullah berbagai musisi Indonesia yang beraliran pop, jazz, blues, rock dan R&B. Selain itu juga, ada beberapa jenis musik yang berkembang yang memadukan unsur kedaerahan di Indonesia dengan unsur musik barat, terutama alat-alat musiknya.

Demikianlah ulasan singkat mengenai sejarah music yang ada di Indonesia.
juliarani263@gmail.com

Share
Published by
juliarani263@gmail.com

Recent Posts

Resep Cupcake Red Velvet, Cocok Buat Camilan Keluarga!

Cupcake red velvet adalah salah satu hidangan penutup yang begitu menggoda dengan warna merah yang…

4 weeks ago

Resep Selendang Mayang Sagu Tani, Cocok Buat Cuaca Panas!

Selendang Mayang adalah salah satu minuman tradisional khas Betawi yang sudah jarang ditemui. Hidangan yang…

1 month ago

Resep Smoothie Buah Naga dan Pisang, Cocok untuk Diet!

Smoothie merupakan salah satu minuman sehat yang bisa kamu nikmati kapan saja, baik sebagai sarapan…

1 month ago

Resep Bolen Pisang Lembut yang Mudah dan Enak!

Siapa yang tidak suka dengan kue bolen pisang yang lembut dan manis? Kue ini memiliki…

1 month ago

Resep Hot Chocolate ala Cafe yang Enak dan Mudah Dibuat

Siapa yang tidak suka hot chocolate? Minuman hangat yang satu ini selalu berhasil memberikan kenyamanan,…

2 months ago

7 Bahaya Makan Bawang Putih Mentah, Waspada Efeknya!

Bawang putih dikenal sebagai bahan dapur yang sering digunakan untuk menambah cita rasa masakan. Namun,…

2 months ago