Categories: News

Seleksi ASN Tahun 2021 Sudah Dibuka. Ini Portal Resmi Dan Prosedur Tesnya

Pemerintah dipastikan akan membuka seleksi Calon Aparatur Sipil Negara (ASN) pada tahun 2021. Kepastian tersebut terungkap dalam rapat kerja Kementrian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi dengan Komisi II DPR RI, pada Rabu (24/3/2021). 

Seleksi Aparatur Sipil Negara (ASN) tahun 2021 akan diselenggarakan secara paralel mencakup seleksi Sekolah Kedinasan, Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK), serta Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS). Pendafataran seleksi ASN 2021 bisa dilakukan melalui portal resmi terintergrasi yaitu Sistem Seleksi Calon ASN (SSCASN). Portal resmi seleksi ASN tahun 2021 dan prosedur tesnya memang telah dirilis. 

Berikut dibawah ini fakta fakta menarik terkait penyelenggaraan seleksi Aparatur Sipil Negara (ASN) tahun 2021, diantaranya yaitu : 

Dalam rapat kerja Kementrian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi dengan Komisi II DPR RI tersebut, Menpan RB Tjahjo Kumolo menyatakan bahwa jumlah kebutuhan Aparatur Sipil Negara (ASN) pada tahun 2021 sebanyak 1.275.387 orang. 


Dari angka tersebut kebutuhan ASN terdiri dari 83.669 orang untuk Instansi Pemerintah Pusat, dan 1.191.718 orang untuk Instansi di daerah. Kemudian, kebutuhan ASN untuk daerah, rinciannya seperti ini :


Kini, Badan Kepegawaian Negara (BKN) sedang mengembangkan platform pendaftaran terintegrasi melalui portal untuk mengakomodir rangkaian pendaftaran seluruh seleksi ASN. Pendaftaran online untuk seleksi ASN tersebut tersedia dalam portal SSCASN yang terbagi menjadi 3 platform utama, yaitu :


Pengolahan hasil seleksi juga akan diintegrasikan kedalam portal seleksi ASN tahun 2021 yang bisa diakses melalui https://sscasn.bkn.go.id


Kemudian, SSCASN juga akan diintergrasikan dengan data NIK di Dukcapil sebagai data awal pendaftaran. Begitujuga dengan pelamar formasi Guru, SSCASN akan terintegrasi dengan pengecekan data Nomor Unik Pendidik dan Tenaga Kependidikan (NUPTK) untuk validasi yang telah terdata di Dapodik yang dikelola Kemdikbud. 


Sedangkan bagi pelamar formasi Tenaga Kesehatan, SSCASN akan terintegrasi dengan data Surat Tanda Registrasi (STR) atas kerja sama BKN dengan Kemenkes. Sementara terkait dengan pelaksaan seleksi di titik lokasi luar negeri, BKN bersinergi dengan Kementrian Luar Negeri dalam pelaksanaan ujian di 15 negara. 


Adapun untuk pelaksanaan tes seleksi ASN Tahun 2021 ini, Anda meski perhatikan secara seksama didalam portal resmi seleksi ASN Tahun 2021 serta prosedur tesnya. Kurang lebih prosedur tesnya itu seperti dibawah ini :



Setelah itu, silahkan simak portal resmi seleksi ASN tahun 2021 dan prosedur tesnya supaya tidak melewatkan informasi penting. 


juliarani263@gmail.com

Share
Published by
juliarani263@gmail.com

Recent Posts

Resep Cupcake Red Velvet, Cocok Buat Camilan Keluarga!

Cupcake red velvet adalah salah satu hidangan penutup yang begitu menggoda dengan warna merah yang…

3 weeks ago

Resep Selendang Mayang Sagu Tani, Cocok Buat Cuaca Panas!

Selendang Mayang adalah salah satu minuman tradisional khas Betawi yang sudah jarang ditemui. Hidangan yang…

3 weeks ago

Resep Smoothie Buah Naga dan Pisang, Cocok untuk Diet!

Smoothie merupakan salah satu minuman sehat yang bisa kamu nikmati kapan saja, baik sebagai sarapan…

4 weeks ago

Resep Bolen Pisang Lembut yang Mudah dan Enak!

Siapa yang tidak suka dengan kue bolen pisang yang lembut dan manis? Kue ini memiliki…

1 month ago

Resep Hot Chocolate ala Cafe yang Enak dan Mudah Dibuat

Siapa yang tidak suka hot chocolate? Minuman hangat yang satu ini selalu berhasil memberikan kenyamanan,…

1 month ago

7 Bahaya Makan Bawang Putih Mentah, Waspada Efeknya!

Bawang putih dikenal sebagai bahan dapur yang sering digunakan untuk menambah cita rasa masakan. Namun,…

1 month ago