2 Cara Mudah Menanam Bawang Putih Sendiri Di Rumah
3 mins read

2 Cara Mudah Menanam Bawang Putih Sendiri Di Rumah

2 Cara Mudah Menanam Bawang Putih Sendiri Di Rumah

wartanesia.net – Berbicara tentang kebutuhan bumbu dapur, tahu tidak jika ternyata kamu bisa memilih untuk menanam beberapa jenis bumbu dapur dengan mudah sendiri di rumah. Bawang putih adalah salah satu bumbu dapur yang bisa kamu coba ditanam sendiri di rumah. Tidak perlu menyiapkan lahan yang luas atau medium pot berukuran besar, karena kamu bisa menanam bawang putih ini dengan medium seadanya yang tersedia di rumah. Kamu bisa memanfaatkan bekas gelas plastik, pot berukuran kecil, boks plastik bekas kue, bahkan memanfaatkan kantong plastik yang pernah digunakan. 

Berikut dibawah ini 2 cara mudah menanam bawang putih sendiri di rumah, diantaranya yaitu : 

1. Cara Menanam Bawang Putih Di Pot

  • Menyiapkan Bibit Bawang Putih

Bibit bawang putih ini bisa kamu beli di toko tanaman atau membelinya secara online. Memang kamu bisa menanam dari bawang putih yang dibeli di pasar, tetapi sangat disarankan untuk menanamnya dari bibit saja. 

  • Proses Penanaman

Cara menanam bawang putih di rumah ini cukup mudah. Kamu bisa menanam bibit di kedalaman tanah 2 hingga 3 cm. Jika bobot siung bawang putihnya lebih dari 1,5 gram, beri jarak tanam dengan ukuran 20 x 20 cm. 

  • Melakukan Perawatan Rutin

Pastikan tanaman bawang putih yang kamu tanam  tercukupi kebutuhan airnya serta terpapar sinar matahari. Lakukan pengairan selama 3 hingga 5 hari atau sesuaikan dengan cuaca. 

  • Memperhatikan Teknik Penyiraman

Cara menanam bawang putih di pot, diawal pertumbuhannya berikan pengairan 2 hingga 3 hari sekali. Tetapi lakukan pengairan 7 hingga 15 hari sekali pada periode pembentukan tunas hingga menjadi umbi. Dan hentikan pengairan menjelang proses panen. 


Baca Juga : Manfaat Temulawak untuk Kesehatan Otak

2. Cara Menanam  Bawang Putih Hidroponik

  • Memilih Bibit Bawang Putih

  • Menanam bawang putih bisa dilakukan dengan dua cara yaitu dengan menggunakan bawang putih atau bawang putih segar.  Jika menggunakan bawang putih besar, kamu harus memilih bawang putih berkualitas baik dengan cirri ciri berukuran besar serta tidak cacat. 

  • Mempersiapkan Media Tanam

Media tanam bawang putih dengan cara hidroponik ini sedikit berbeda. Cobalah potong botol plastik menjadi dua bagian lalu ukur kesesuaiannya. Bagian bawah botolnya harus memiliki ukuran panjang sekitar 4 cm dan jangan lupa bagian dasar botolnya diberi lubang lubang. 

Sedangkan bagian atas botolnya bisa diiris bagian tutup botol supaya diameter lubang pada tutup botol menjadi lebih besar serta lebar. Untuk diameter lubangnya ukurlah kira kira sepanjang 1 cm. 

Bagian bawahnya juga jangan lupa diberi lubang lalu masukkan kain flannel sebagai media penyerapan air. Tetapi jika tidak ada kain flannel bisa menggantinya dengan sumbu kompor. 

  • Proses Penanaman 

Pertama tama, bibitnya dibersihkan terlebih dahulu. Lalu buat lubang tanam pada media tanam. Untuk setiap satu wadah botol plastik hanya diperbolehkan diberi 1 lubang tanam saja. Dan pastikan tidak menanam dua bibit pada satu wadah botol. 

Kemudian masukkan bibit bawang putihnya kedalam lubang tanam lalu tutupi lubang tanam dengan menggunakan tanah campuran. 

  • Proses Penyiraman

Untuk menyiram tanaman hidroponik ini cukup mudah, kamu hanya perlu menyiramnya saat media tanam mulai kering saja. 

                        Itulah 2 cara mudah menanam bawang putih sendiri di rumah. Jadi diantara dua cara diatas, mana                         yang akan kamu pilih?  


                            Baca Juga : Tips Mudah Menanam Bawang Merah Sendiri Di Rumah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *