Rangkuman Berita Jogja Terbaru
3 mins read

Rangkuman Berita Jogja Terbaru

Rangkuman Berita Jogja Terbaru

Dengan semakin canggihnya teknologi, kini semua berita yang ada di seluruh penjuru dunia bisa diketahui oleh masyarakat. Orang bisa mendapatkan berita atau informasi dengan mudah dan cepat melalui portal berita yang bisa diakses menggunakan smartphone. Salah satu portal berita populer saat ini adalah IDN Times. Anda bisa menemukan berita dengan berbagai topik yang diinginkan. 

Nah, bagi anda yang membutuhkan berita seputar Jogja, berikut rangkuman berita Jogja terbaru dari IDN Times Jogja :

  1. Cara Ikut Uji Coba Naik KRL Jogja-Solo


Akhirnya program elektrifikasi untuk Kereta Rel Listrik (KRL) jalur Yogyakarta-Solo yang digarap oleh pemerintah melalui Direktorat Jenderal Perkeretapian Kementerian Perhubungan telah rampung dikerjakan. Bahkan, proses uji coba pun sudah dilakukan sejak 20 Januari 2021. 


Uji coba KRL ini digelar dalam dua tahap. Pada 20-31 Januari 2021 adalah uji coba untuk undangan terbatas. Pada tahap pertama ini, PT Kereta Commuter Indonesia (KCI) akan lebih concen pada faktor keselamatan perjalanan KRL Jogja-Solo sekaligus menerima masukan dari berbagai pihak pemangku kepentingan. 


Sedangkan, untuk tahap kedua adalah uji coba untuk masyarakat umum akan digelar pada 1-7 Februari 2021. Bagi yang ingin ikut, anda harus mendaftarkan terlebih dahulu sebelum datang ke stasiun untuk bisa mengikuti perjalanan uji coba KRL. 


Pendaftaran sendiri bisa menggunakan aplikasi KRL Acces yang bisa diunduh melalui Playstore pada smartphone Android atau Appstore pada smartphone iOS. Setelah berhasil diunduh, anda ikuti langkah guna mengaktifkan akun anda di KRL Acces. Lalu bagi mereka yang ingin mengikuti uji coba bisa mengakses menu “AMBIL ANTRIAN” pada aplikasi tersebut.


  1. Sri Sultan Persilakan Gugat ke PTUN Terkait Pergub Pembatasan Demo


Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X disomasi Aliansi Rakyat untuk Demokrasi Yogyakarta (ARDY). Hal ini merupakan buntut dari penerbitan Pergub DIY Nomor 1 Tahun 2021 tentang Pengendalian Pelaksanaan Pendapat di Muka Umum Pada Ruang Terbuka. Sri Sultan diminta untuk mencabut Pergub tersebut, walaupun diakuinya bahwa hal ini sebagai tindaklanjut Keputusan Presiden dan Keputusan Menteri Pariwisata. 


“Kalau saya usul, sudah saya di-PTUN saja. Sehingga kepastian itu ada di pengadilan. Soalnya saya gak melaksanakan juga salah, melaksanakan juga dianggap tidak demokratis. Ya sudah (gugat) PTUN saja,” ujar Sri Slutan di Kompleks Kepatihan, Kota Yogyakarta, Kamis (21/1/2021). 


  1. Mengerikan, Tambahan Kasus Baru Covid-19 di Yogyakarta hingga 478


Peningkatan kasus baru Covid-19 di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) kembali terjadi. Bahkan, hari ini Jumat (22/1/2021) kasus baru bertambah sebanyak 478 kasus. Dengan demikian, total kasus terkonfirmasi Covid-19 menjadi 18.736 kasus. Jumlah lonjakan lebih dari 400 kasus ini terjadi dua hari berturut-turut. Lonjakan ini merupakan yang terbanyak selama pandemik di DIY atau naik sekitar 100% dibanding hari Rabu (20/1/2021). 


Berty Murtininggsih, selaku juru bicara DIY untuk penanganan Covid-19, menjelaskan salah satunya hasil dari tracing libur natal dan tahun baru. “Iya bisa dikatakan hasil tracing dari liburan natal dan tahun bari,” kata Berty dalam pesan tertulis, Jumat (22/1/2021). 


BACA JUGA : RESEP YANGKO, MAKANAN KHAS JOGJA YANG MANIS DAN KENYAL


  1. Awal Tahun 2021, Jateng-DIY, Sudah 22 Kali Gempa Bumi


Selama hingga 25 Januari 2021, Stasiun Geofisika Banjarnegara mencatat telah terjadi sekitar 22 kali rentetan gempa bumi yang melanda wilayah Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Adapun gempa bumi yang muncul mayoritas merupakan gempa dangkal dengan tingkat kedalaman dibawah 60 kilometer.


“Sejak tanggal 1 Januari sampai mingguan ketiga ini ada 2 kali gempa bumi. Tapi kategori gempanya termasuk dangkal karena episentrumnya berada di kedalam dibawah 60 kilometer. Dan jumlahnya juga relatif sedikit. Ini disebabkan banyak faktor seperti terbentuknya bebatuan tua,” kata Kepala Stasiun Geofisika Banjarnegara, Setyoajie Prayogie pada Senin (25/1/2021). 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *