Resep Besengek Tempe Telur Kikil, Lezat & Mudah!
3 mins read

Resep Besengek Tempe Telur Kikil, Lezat & Mudah!

Resep Besengek Tempe Telur Kikil, Lezat & Mudah!

    Resep besengek tempe dapat disajikan menggunakan beragam jenis bumbu. Masakan Indonesia memiliki berbagai citarasa menarik. Tempe menjadi makanan yang cukup terkenal dan sudah dikenal luas hingga ke mancanegara. Banyak turis yang mulai mengenal tempe. Untuk membuat olahan tempe semakin menarik maka Anda dapat mencoba olahan besengek tempe. Berikut merupakan Resep Besengek Tempe Telur Kikil antara lain :

– Siapkan bahan yang dibutuhkan

Menyiapkan bahan untuk membuat makanan menjadi lebih lezat adalah bagian penting. Bahan – bahan ini cukup mudah dijumpai dan Anda dapat membelinya di pasar. Bahan yang disiapkan diantaranya adalah 100 gram tempe dipotong segitiga, 3 telur rebus, 1 daun salam, 100 gram kikil potong kotak dan 3 cabai hijau dipotong menyerong. Bahan lainnya yang dibutuhkan meliputi 3 daun jeruk, 1 sereh geprek, 2cm lengkuas, 600ml air, 3sdm fibercream dan secukupnya gula dan kaldu bubuk. Keseluruhan bahan ini akan menjadikan menu olahan semakin lezat dan nikmat.

– Siapkan perlengkapannya

Untuk memproses makanan maka Anda perlu menyiapkan perlengkapan yang dibutuhkan. Perlengkapan ini meliputi panci, wajan, spatula hingga gelas takar. Dengan menyiapkan perlengkapannya maka proses memasak akan dapat berjalan dengan baik.

– Haluskan bahan 

Adapun bahan yang lainnya meliputi bumbu halus. Bumbu halus ini nanti akan digunakan untuk menyeimbangkan rasa. Adapun bumbu yang diperlukan antara lain 3 bawang merah, 1 sdt ketumbar, 2 bawang putih, 1 sdt merica dan kemiri. Anda bisa menghaluskan keempat bumbu ini menggunakan blender. Setelah bumbu berubah menjadi halus maka Anda bisa menumisnya menggunakan wajan yang sudah dipanaskan.

– Panaskan minyak

Siapkan minyak secukupnya lalu masukan kedalam wajan. Nyalakan kompor terlebih dulu. Panaskan terlebih dahulu minyak hingga siap digunakan untuk menumis. Masukan bumbu yang sudah dihaluskan lalu tambahkan daun salam, lengkuas, daun jeruk hingga sereh. Aduk keseluruh bahan tersebut hingga tercium aroma wangi. 

– Masukan air kedalam wajan

Siapkan air secukupnya. Masukan air bersih kedalam wajan. Air ini nanti digunakan untuk merebus tempe. Bumbui terlebih dahulu tempe menggunakan air garam. Jika sudah masukan tempe, kikil dan cabe hijau kedalam wajan. Jangan lupa masukan juga telur puyuh lalu biarkan bumbu meresap. Waktu yang diperlukan untuk memasak bahan tersebut kurang lebih 5 menit.

– Masukan fibercream

Untuk membuat masakan semakin nikmat maka Anda dapat memasukan fibercream. Fungsi dari fibercream dapat digunakan sebagai bahan pengganti santan. Anda dapat menjadikan masakan terasa lebih nikmat menggunakan bahan ini. Masukan fibercream secukupnya kedalam wajan lalu aduk hingga merata. 

– Cicipi hidangan 

Sebelum menghidangkannya dimeja makan alangkah penting untuk mencicipinya. Cicipi terlebih dahulu hidangan yang Anda buat. Rasakan apakah secara keseluruhan bumbu sudah terserap merata. Apabila terdapat kekurangan rasa maka Anda dapat menambahkan bumbu yang sesuai. Apabila sudah sesuai maka Anda dapat langsung menghidangkannya dimeja makan.

– Siapkan makanan penutup berupa buah – buahan

Akan terasa kurang apabila tidak ada makanan penutup. Anda dapat menambahkan menu penutup seperti buah – buahan dimeja makan. Hal ini ditujukan agar seluruh keluarga mendapatkan asupan nutrisi yang tepat.

– Hidangan siap dinikmati

Anda sudah bsia menikmati hidangan Besengek Tempe Telur Kikil. Menikmati makanan buatan keluarga terasa nikmat. Hidangan ini dapat membuat tubuh kembali terisi dan energy akan didapatkan kembali. Anda akan dapat kembali beraktivitas.
Resep Besengek Tempe Telur Kikil adalah makanan yang lezat. Anda bisa menikmati hidangan tersebut bersama keluarga tercinta.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *