Resep Bumbu Sate Ayam Sebelum Dibakar
3 mins read

Resep Bumbu Sate Ayam Sebelum Dibakar

Resep bumbu sate ayam sebelum dibakar adalah petunjuk langkah demi langkah untuk membuat bumbu yang akan memberikan rasa dan aroma khas pada sate ayam. Bumbu ini biasanya terdiri dari berbagai bahan seperti bawang putih, bawang merah, ketumbar, kemiri, gula merah, garam, dan kecap.

Semua bahan ini dihaluskan dan dicampur menjadi satu, kemudian digunakan untuk melumuri potongan ayam sebelum proses pembakaran. Proses pembuatan bumbu ini sangat penting karena akan menentukan rasa akhir dari sate ayam.

Resep Rahasia Bumbu Sate Ayam yang Menggugah Selera

resep bumbu sate ayam sebelum dibakar
Sate ayam adalah salah satu hidangan khas Indonesia yang sangat populer dan disukai oleh banyak orang. Kelezatan sate ayam tidak hanya ditentukan oleh kualitas daging ayamnya, tetapi juga oleh bumbu yang digunakan. Bumbu sate ayam yang tepat akan memberikan rasa yang khas dan menggugah selera. Berikut ini adalah resep bumbu sate ayam sebelum dibakar yang bisa Anda coba di rumah.

Bahan – Bahan

Pertama-tama, siapkan bahan-bahan yang dibutuhkan.

  • 500 gram daging ayam
  • 10 buah cabai merah keriting
  • 5 buah cabai rawit
  • 3 siung bawang putih
  • 2 siung bawang merah
  • 1 ruas jari kunyit
  • 1 ruas jari jahe
  • 1 batang serai
  • 2 lembar daun salam
  • 1 sendok teh garam
  • 1 sendok teh gula pasir
  • 1 sendok makan kecap manis

Setelah bahan-bahan siap, langkah selanjutnya adalah membuat bumbu halus.

BACA JUGA : Resep Bika Ambon: Mengungkap Rahasia Dapur Nenek

Cara Membuat

Sate Ayam | Resep dari Dapur KOBE

sumber : Dapur Kobe 

  1. Haluskan cabai merah keriting, cabai rawit, bawang putih, bawang merah, kunyit, dan jahe. Anda bisa menggunakan blender atau cobek untuk menghaluskan bahan-bahan tersebut. Pastikan bumbu halus benar-benar halus agar dapat meresap ke dalam daging ayam dengan sempurna.
  2. Selanjutnya, tumis bumbu halus yang telah Anda buat dengan sedikit minyak goreng. Tambahkan serai dan daun salam ke dalam tumisan bumbu. Tumis hingga bumbu matang dan mengeluarkan aroma yang harum. Setelah itu, tambahkan garam dan gula pasir. Aduk rata dan cicipi bumbunya. Jika dirasa kurang, Anda bisa menambahkan garam atau gula pasir sesuai selera.
  3. Setelah bumbu matang, angkat dan dinginkan sejenak. Sementara itu, potong-potong daging ayam menjadi ukuran yang pas untuk sate. Setelah itu, campurkan daging ayam dengan bumbu yang telah Anda buat. Aduk rata dan diamkan selama kurang lebih 30 menit agar bumbu dapat meresap ke dalam daging ayam.
  4. Setelah 30 menit, tusukkan daging ayam ke dalam tusuk sate. Pastikan setiap tusuk sate berisi 3-4 potong daging ayam. Setelah itu, olesi daging ayam dengan kecap manis. Kecap manis akan memberikan rasa manis dan warna yang cantik pada sate ayam Anda.
  5. Terakhir, bakar sate ayam di atas bara api yang sudah membara. Bakar hingga daging ayam matang dan berwarna kecoklatan. Selama proses pembakaran, olesi sate ayam dengan sisa bumbu dan kecap manis secara berkala. Hal ini akan membuat sate ayam Anda semakin lezat dan beraroma.

Itulah resep rahasia bumbu sate ayam yang menggugah selera. Dengan resep ini, Anda bisa membuat sate ayam yang lezat dan beraroma di rumah. Selamat mencoba!

BACA JUGA : Resep Semar Mendem Solo, Makanan Khas Nusantara

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *