Ini Dia Deretan Novel Terbaik Indonesia!
3 mins read

Ini Dia Deretan Novel Terbaik Indonesia!

Deretan Novel Terbaik dari Indonesia, Wajib Dibaca!

Sumber: Kumparan

Bagi penggemar baca buku karya-karya penulis Indonesia pastinya sudah tidak sabar lagi menantikan karya terbaru dari masing-masing penulis favorit.

Penulis ternama Indonesia yakni Tere Liye kembali menduduki peringkat dengan judul terbanyak dari karya yang sudah ia buat.

Terdapat pula karya Dee Lestari dan lanjutan trilogi New York dari IIana Tan pun saat ini masih banyak di cari oleh para penggemar.

Di bawah ini terdapat sejumlah novel terbaik Indonesia yang bisa kalian baca sebagai referensi tambahan di waktu luang. Simak berikut ini :

Daftar 5 Novel Terbaik Indonesia

1. Selamat Tinggal- Tere Liye

Sumber: Gramedia.com

Salah satu buku yang mendapatkan penilaian tinggi dari para pembaca pada pertengahan tahun 2021 yaitu buku karya Tere Liye yang berjudul Pulang Pergi.

Buku ini mengajak kita untuk bisa “Selamat Tinggal” dengan hal-hal buruk yang pernah di alami sebelumnya.

Buku berjudul Selamat Tinggal ini menceritakan sebuah kisah realistis dan inspiratif mengenai tema pembajakan dan penggunakan barang ilegal lainnya dengan jalan cerita yang cukup apik.

2. Laut Bercerita – Leila S. Chudori

Sumber: Gramedia.com

Walaupun fiktif, karya Leila S. Chudori ini come back menggaung berkat kisah sejarah perjuangan reformasinya.

Cerita ini mampu membuat banyak para pembaca meresapi fakta-fakta sejarah apa yang telah terjadi pada kala itu, dan kisah serta obrolan nyata dari para aktivis pra-reformasi.

Baca juga: Baca Berita Terlengkap dengan Mudah dari IDN App

3. The star and i – llana Tan

Sumber: Goodreads

Buku ini menceritakan seorang aktris bernama Olivia Mitchell yang bekerja di sebuah gedung teater yang berada di pusat kota New York.

Disamping itu juga ia ingin sekali mengetahui keberadaan orang tua kandungnya di New York, namun mencari seseorang di kota terbesar megapolitan tersebut tentunya tidak lah mudah.

Masa kontrak kerja Olivia pun akan segera berakhir, namun ia tidak ingin kembali dulu ke Inggris sebelum menemukan orang tua kandungnya.

Olivia dipertemukan kembali dengan sahabat masa kecilnya dulu bernama Rex rangkin. Rek pun menawarkan bantuan kepada Olivia untuk mencari fakta atas masa lalunya.

4. Lelaki Harimau – Eka Kurniawan

Sumber: Mojok Store

Eka Kurniawan bisa dibilang sebagai salah satu penulis generasi saat ini yang terbaik di Indonesia. Dari sekian banyak karyanya, Lelaki Harimau pun menjadi salah satu novel terbaik karya Eka Kurniawan yang booming di tahun 2004 silam lalu. 

Materi novelnya cukup sederhana yang menceritakan tentang kehidupan sehari-hari. Novel Lelaki Harimau dirilis kedalam beberapa bahasa asing, seperti bahasa Inggris, Jerman, Korea, Italia, dan Perancis. 

Itu sebabnya, mengapa novel karya Eka Kurniawan masuk ke dalam daftar buku Indonesia pertama yang dinominasikan pada ajang penghargaan sastra paling bergengsi di dunia, yakni The Man Booker International Prize. 

5. Olenka – Budi Darma

Sumber: Mizan Store

Disaat para penulis lainnya sudah tutup buku, justru Budi Darma masih aktif menulis hingga sampai saat ini lho. Olenka merupakan salah satu karya novel terbaiknya yang menyuguhkan materi sangat sederhana. 

Meski sederhana, namun materi dari novel tersebut syarat dengan nuansa filosofis. Olenka itu sendiri adalah sosok pemenang pertama dari Sayembara Mengarang Roman yang digelar di Desa Kesenian Jakarta pada tahun 1980. 

Memasuki tahun 1983, novel karya Budi Darma ini berhasil meraih hadiah Sastra Dewan Kesenian Jakarta. Bahkan yang lebih hebatnya lagi, Budi Darma juga mendapatkan hadiah Sastra ASEAN 9SEA Write Award) berkat novel Olenka. 

Baca juga: Review Series Netflix Emily In Paris Season 2

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *