8 Makanan Khas Malang Yang Memiliki Cita Rasa Nikmat Ini Wajib Dicoba
3 mins read

8 Makanan Khas Malang Yang Memiliki Cita Rasa Nikmat Ini Wajib Dicoba

 

makanan-khas-malang
Nasi Jagung

wartanesia.net – Berburu makanan khas Malang tidak kalah seru dengan berburu kuliner di tempat tempat lain. Menu kuliner khas tersebut tidak hanya nikmat disantap saat dihidangkan saja namun juga cocok dengan atmosfer Kota Malang yang sejuk, dingin, dan menenangkan.

Ketika berwisata ke Malang, kamu wajib coba menu makanan khas Malang yang memiliki cita rasa nikmat di bawah ini : 

  1. Nasi Jagung

Nasi Jagung adalah makanan khas Malang berupa campuran beras dengan jagung giling yang ditanak bersama. Kuliner yang sangat pas disantap sebagai menu sarapan pagi ini disajikan bersama urap urap, sambal goreng tahu, ikan asin goreng, dan juga bakwan jagung.


  1. Tempe Mendol

Tempe Mendol adalah kuliner khas Kota Malang yang terbuat dari bahan dasar tempe kedelai yang berbentuk blok atau mendol. Makanan khas ini biasanya disajikan sebagai lauk ataupun dimakan langsung sebagai menu utama. Makanan yang memiliki tekstur padat ini biasanya bisa ditemukan di warung nasi pecel.


  1. Tahu Campur

Tahu Campur adalah kuliner malam di Malang yang biasanya dijajakan oleh pedagang kaki lima yang berkeliling. Mereka biasanya mulai menjajakan dagangannya mulai pukul 7 malam hingga tengah malam. 

Makanan khas Malang ini sangat berbeda dengan tahu tek maupun tahu gejrot. Kuliner ini menggunakan campuran petis yang dimasukkan kedalam kuahnya, sehingga memiliki rasa lezat yang tiada tandingnya.


  1. Sate Kelinci

Terletak di Batu, Malang, makanan khas ini seperti namanya menggunakan daging kelinci sebagai bahan utamanya. Digunakannya bumbu bumbu tradisional membuat kuliner ini memiliki cita rasa yang sangat nikmat. Daging kelinci memiliki tekstur empuk seperti daging ayam. Daging kelinci tidak hanya enak, namun kabarnya bisa menyembuhkan penyakit asma.


Baca Juga: 7 Makanan Khas Jawa Yang Patut Anda Coba


  1. Ketan Bubuk

Makanan khas di Kota Malang ini biasanya disajikan dengan beragam topping yang menggugah selera makan dan juga kekiniaan. Mulai dari topping coklat, susu vanilla, keju, kacang, hingga selai buah buahan. 

Salah satu rasa favorit dari makanan ini adalah durian karena menggunakan durian asli dengan dagingnya yang tebal. Sehingga mampu menciptakan sensasi rasa yang sangat lezat dan nikmat.


  1. Burger Buto

Burger Buto adalah makanan khas Malang yang unik. Disini, burger dijual dengan berbagai ukuran mulai dari ukuran mini hingga ukuran besar dengan bentuk memanjang. Itulah sebabnya kenapa kuliner ini dinamai Burger Buto. 

Aneka isian yang melengkapi bagian dalamnya seperti daging sapi, ayam, sayuran, selada segar, tomat, saus mayonnaise spesial, serta rajangan bawang Bombay yang segar dan crunchy. Sehingga memiliki cita rasa yang sangat menggoda.


  1. Ronde Titoni 

Makanan khas Malang yang satu ini berisi air jahe yang dilengkapi dengan berbagai isian kolang kaling, potongan roti tawar, kacang tanah, dan moci tepung beras. Ronde Titoni yang memiliki cita rasa tiada duanya ini sangat pas dinikmati pada waktu malam hari.


  1. Soto Lombok

Soto Lombok juga adalah makanan khas Kota Malang. Penamaan Lombok disini bukan merujuk pada makanan khas Lombok ataupun menggambarkan rasanya yang sangat pedas, namun karena penjual soto ini yang berlokasi di Jalan Lombok. 

Berdiri sejak tahun 1955 dengan cita rasa yang berbeda dengan soto pada umumnya. Satu porsi Soto Lombok berisi kentang, tauge, telur rebus, daging ayam, dan juga irisan kol. Kuahnya cukup kental dengan taburan koya. Menikmati kuliner ini akan semakin lengkap rasanya jika ditemani dengan kerupuk berukuran besar. 

Itulah beberapa rekomendasi makanan khas malang yang memiliki cita rasa nikmat yang membuat siapa saja yang menyantapnya akan ketagihan. Semoga artikel ini bisa menambah referensi kuliner kamu, ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *