berita terhangat

berita-terhangat-mancanegara
Olympic Tokyo 2020


wartanesia.net – Banyak orang yang mengatakan bahwa membaca adalah jendela dunia. Dari membaca, Anda bisa tahu banyak hal yang terjadi di dunia. Tentunya penting untuk tidak hanya mengetahui berita yang berasal dari negara sendiri saja. Nah, agar Anda tidak ketinggalan berita, berikut ini adalah 3 berita terhangat dari mancanegara yang bisa kamu simak.

  1. Tewasnya Wali Kota di Filipina dalam Baku Tembak dengan Polisi

Walikota Filipina dan dua pengawalnya menembak dan membunuh polisi dalam sebuah kecelakaan. Pada Senin sore, Walikota Calbayog, Ronald Aquino dan dua pengawalnya tewas dalam baku tembak. Menurut laporan Kantor Berita Filipina, para korban sedang menaiki truk putih melintasi Jembatan Laboyao di desa utara Lonoy. Kejadian tersebut terjadi pada tanggal 9 Maret 2021. Ketika itu, mereka melepaskan tembakan bersama tim anti narkoba polisi dan mengemudi. Polisi mengendarai dua mobil pada pukul setengah 6 sore. 

Tiga pengawal Aquino membalas tembakan yang dilayangkan oleh polisi. Walikota dan dua personel keamanannya tewas di tempat, dan beberapa warga membawa pengawal lainnya ke rumah sakit terdekat. Seorang juru bicara polisi mengatakan Selasa bahwa tembakan pertama datang dari kendaraan yang membawa walikota Calbayog City, Ronaldo Aquino, dan kemudian memicu baku tembak antara kelompoknya dan petugas anti-narkoba polisi, menewaskan walikota dan lima orang lainnya.

  1. Muslim Amerika Boleh Ajukan Visa Kembali

Pemerintah AS mengizinkan Muslim yang permohonan visanya ditolak oleh pemerintahan Presiden Donald Trump untuk mencoba lagi. Setelah Kementerian Luar Negeri membatalkan kebijakan imigrasi era Donald Trump, Kementerian Luar Negeri membenarkan hal tersebut, salah satunya adalah larangan masuknya umat Islam ke negara tersebut.

Juru bicara Departemen Luar Negeri AS, Ned Price, mengatakan bahwa pemohon visa Muslim dapat melakukan dua hal. Yang pertama adalah mendaftar ulang aplikasi visa. Price mengatakan ini berlaku untuk mereka yang permohonan visanya ditolak sebelum 20 Januari 2020. Pada saat yang sama, bagi mereka yang permohonan visanya ditolak setelah 20 Januari 2020, Ned Price menyarankan untuk mempertimbangkan kembali. 

Price mengatakan bahwa program review ini gratis, dan pemohon visa hanya perlu memasukkan kembali aplikasi tersebut.Seperti diberitakan sebelumnya, diketahui bahwa Amerika Serikat tidak ramah kepada para imigran pada masa pemerintahan Donald Trump. Dia sangat “selektif” dan bahkan tidak mengeluarkan izin masuk untuk imigran yang sangat terampil. Jangan pedulikan imigrasi Kebijakan imigrasi Donald Trump sering menolak perlindungan bagi para penyintas di negara-negara sosialis seperti Venezuela.

  1. Larangan Pemerintah Jepang Bagi Supporter Luar Negeri 

Menurut laporan, pemerintah Jepang telah memutuskan untuk tidak mengizinkan pendukung asing berpartisipasi dalam Olimpiade Tokyo. Pemerintah Jepang membuat keputusan ini setelah menimbang risiko penyebaran COVID-19 ketika mengizinkan pendukung asing masuk dengan atau tanpa perjanjian kesehatan. 

Pejabat itu juga menambahkan bahwa larangan tersebut akan berlaku untuk acara pembukaan Olimpiade Tokyo, termasuk estafet obor. Upacara pembukaan akan diadakan di Prefektur Fukushima dan hanya akan diadakan oleh peserta yang diundang secara khusus. Komite Penyelenggara Olimpiade Tokyo tidak membantah atau mengkonfirmasi rumor ini. Terkait COVID-19, Tokyo masih dalam keadaan darurat nasional hingga tulisan ini dibuat. Sebelum Olimpiade Tokyo, karena ancaman varian virus baru, mereka juga bersiap menghadapi babak baru pandemi COVID-19.

Itu dia 3 berita terhangat dari mancanegara. Dengan berita ini, tentu Anda semakin tahu dengan kondisi dunia saat ini. Tetap jaga diri karena pandemi belum berakhir.